Lampu mobil LED halogen

Mobil lebih baik menggunakan Lampu LED atau Halogen?

Jenis lampu mobil yang umum digunakan adalah lampu mobil LED (Light Emitting Diodes). Lampu mobil LED awalnya lebih banyak digunakan sebagai lampu penerang ruangan, lampu rem, maupun lampu plat nomor. Namun, saat ini sudah banyak digunakan sebagai lampu utama berkat teknologi yang semakin berkembang. Tentunya semua pabrikan mobil punya alasan mengapa menyematkan lampu LED. Salah satunya karena lebih hemat energi listrik.

Lampu mobil LED

Selain lampu LED sebagian pabrikan juga masih ada yang mengandalkan lampu halogen, yang dimana kedua lampu tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan satu sama lainnya. Dilansir dari Otodriver bagaimana jika dilihat dari sudut pandang untuk mengemudi manakah yang lebih aman LED atau Halogen?

Keunggulan Lampu LED

  1. Watt kecil, sehingga tidak perlu aki besar dan alternator yang bekerja ekstra.
  2. Punya sinar terang putih kebiruan yang membuat penampilan mobil jadi lebih menarik dan modern.
  3. Sinar yang dihasilkan punya temperatur yang lebih rendah dari lampu halogen, lebih bersahabat terhadap mika lampu sehingga tidak cepat menguning.
  4. Lebih tahan lama dibanding lampu konvensional.

Kekurangan Lampu LED

  1. Lampu LED punya sinar yang kurang tebal, belum sekuat Halogen

2.Umumnya LED menggunakan 6000 kelvin, sinar lebih putih dan kurang jelas jika digunakan pada saat hujan.

  1. Menghasilkan sinar yang ‘dingin’ namun menimbulkan panas pada bagian mesinnya. Karenanya bagian ini banyak dipasangi pendingin berupa heatsink, fan hingga penggingin air sehingga kurang praktis.
  2. Harga masih lebih mahal dibanding halogen.

Baca juga: YAKIN PAKAI KACA FILM MURAH

Keunggulan Lampu Halogen

  1. Intensitas cahaya cukup kuat Cahaya yang dihasilkan dari lampu halogen cukup kuat. Jenis lampu ini menjadi pilihan utama untuk penerangan mobil adventure. Sorot yang lebih kuat ini didukung oleh gas-gas dalam lampu halogen. Meskipun kuat, tetapi cahaya lampu jenis ini tidak menyilaukan.
  2. Harga terjangkau Tidak seperti lampu LED, harga lampu halogen lebih murah dan banyak tersedia di pasaran.
  3. Penggantian lebih mudah Jika bohlam lampu halogen putus, maka tidak perlu mengganti semaunya, cukup bohlamnya. Perlu diingat pula bahwa penggantian lampu halogen yang rusak harus sesuai standar.
  4. Mampu menembus kabut Berbeda dengan lampu LED yang tidak mampu menembus kabut. Lampu halogen mampu menembus kabut karena sorotnya yang panjang dan kuat. Lampu jenis ini sangat cocok digunakan untuk kendaraan adventure. Kelemahan lampu halogen

Kelemahan Lampu Halogen

  1. Daya panasnya tinggi Lampu halogen ternyata menghasilkan energi panas yang cukup tinggi. Kebanyakan pengguna lampu halogen akan menjumpai kondisi lampu menjadi cepat buram dan tidak bening. Selain itu, ada pula kasus filamen pada lampu halogen sering putus.
  2. Boros Selain daya panas tinggi, lampu halogen dikenal boros. Setuap kali digunakan, lampu ini menghasilkan daya sebesar minimal 55 watt. Lampu halogen ini sangat menguras aki mobil atau motor sehingga mengakibatkannya cepat drop.

Ternyata jika dari segi keamanan lampu Halogen lebih baik di bandingkan dengan lampu LED mengapa seperti itu? Karena lampu Halogen lebih fokus pada satu titik yang dimana hal tersebut menjadi salah satu aspek penting dalam safety driving.

Untuk meningkatkan keselamatan berkendara selain memilih lampu yang tepat hendaklah juga memperhatikan kaca film yang di gunakan. Pastikan kaca film Anda memiliki kemampuan Night View Control yang baik. Sehingga pandangan saat malam hari sangat terang dan tidak mengganggu pandangan menyeluruh.

Kaca film Wincos memiliki kemampuan Night View Control yang sangat baik, meskipun menggunakan kaca film yang memiliki kegelapan 50% (HCD 20G) jika diaplikasikan pada kaca depan tetap sangat aman ketika malam hari.

 

 

 

Yakin Pakai Kaca Film Murah
PREVIOUS POST
tips banjir
8 Cara Aman Melewati Banjir Dengan Mobil
NEXT POST